Aplikasi NLP sederhana dalam dunia pendidikan adalah membangun keakraban dengan murid.

Teknik sederhana yang ampuh untuk menciptakan daya magnetis seorang guru di sebut ‘Building Rapport”..dimana guru membuat gelombang dan frekuensi yang sama dengan siswa…langkah awalnya adalah masuk ke dalam dunia mereka.

Proses inti dari membangun keakraban adalah Pacing = menyelaraskan dan Leading = mengarahkan.

Tahap menyelaraskan adalah melakukan melakukan Mirroring (menyamakan bahasa tubuh dan expressi) dan Matching (menyamakan pola bahasa), ketika sudah ada keselarasan maka guru tinggal mengarahkan kemana proses komunikasi berlangsung.

Jika guru sudah memiliki kemampuan ini, yaitu menciptakan kemampuan keakraban dengan murid secara instan, maka murid dapat dengan mudah menyerap ilmu pelajaran.

Skill ini sederhana tapi cukup ampuh bagi mereka yang bergerak dalam dunia pendidikan.

Foto : Di sela-sela Binus School Production 2017

PS : Pada kelas yang lebih tinggi untuk guru dalam membangun “Rapport” dengan murid perlu mempelajari beberapa hal diantaranya ‘Modalitas Indrawi, Eye accesing cues, Semantic words, Meta Program (Personal Approach), Micro muscle dan Body Language…setelah semua informasi terkumpul lakukan Kalibrasi, setelah dilakukan proses kalibrasi…berikan treatment yang proporsional terhadap murid/siswa anda agar keakraban yang natural dapat terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *