CATATAN SEORANG HIPNOTERAPIS #2

Saat awal saya mempelajari hypnosis ada seorang teman bertanya. ‘Apakah ada jaminan seseorang klien sembuh dari masalah setelah selesai proses hypnotherapy?.

Saya pun menjawab ‘tentu tidak!’…seorang hypnotherapis layaknya seorang Dokter yang tidak bisa menjamin kesembuhan pasien…..kesembuhan dari sakit bergantung seberapa kuat seorang pasien mau sembuh dan dengan izin Tuhan lah kesembuhannya….nah, sama halnya dengan hypnoterapis….hanya bisa memandu untuk membuat solusi dari masalah psikomatis.

Lalu teman saya pun bertanya lagi, ‘Psikomatis apa ya mas?’….’Psikomatis adalah permasalahan yg disebabkan secara psikis yang menyebabkan masalah fisik’…..misalnya, seorang yg pernah di marahi oleh bosnya di depan umum….lalu menyebabkan kemarahan yang tidak bisa dikeluarkan ‘Unfinished Bisnis’ atau emosi yg terpendam di pikiran….sehingga setiap kali bertemu dengan bos bisa mual2 atau sakit maag. ‘Jawab saya’.

“Nah, apa hal tersebut bisa disembuhkan?”. Tanya nya lagi,….lalu saya jawab, ‘jika hal tersebut tidak bermasalah secara pribadi dan tidak menggangu produktifitas kerja, ya ga apa2, tetapi jika bermasalah ya perlu di bersihkan, karena jika tidak, ibarat bom waktu tentu akan meledak pada waktunya’…..nah, pikiran itu ibarat komputer yg memiliki file2 yang negatif dan tidak memberdayakan….tentu bisa dihapus dan dimanfaatkan….bergantung pada pemilik softwarenya…..mau di pertahankan atau dirubah”.

Dan, kembali ke pertanyaan awal tadi (saya menutup diskusi ini)…..’tidak ada JAMINAN keberhasilan setelah proses hypnotherapy, karena yg akan di dapatkan oleh seorang klien adalan PEMAHAMAN BARU terhadap caranya memandang persoalannya…karena sejatinya terapi artinya adalah belajar…dengan membuat sugesti positif pada dirinya sendiri…lalu mengafirmasi secara repetitif sehingga terinstal pada pikirannya lalu menjadi model yg disikapi seseorang…….dan yg tidak kalah penting adalah Anchor (pemicu) yang terasosiasi dengan persoalan yg dihadapi klien…..jika saja klien memahami pola dan strukturnya, tentu keberhasilan hypnoterapi akan lebih efektif’.

‘Oooo begitu ya’…kata teman saya…..’ok, terima kasih mas infonya’……

Semoga bermanfaat…!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *