JADILAH PEMODEL YANG CERDAS *

Setiap orang punya modelnya masing-masing yang dapat mempengaruhi hidupnya. Model tersebut akan dikuti pola hidupnya, pola berpakainnya bahkan pola katanya. Meskipun kita tidak sepenuhnya mengikuti model tersebut sejatinya akan ada nilai dan keyakinan yang diikuti dari para model tersebut.

Ibu dari NLP (Neuro Linguistic Program) adalah Modelling. Grinder dan Bandler memodel tokoh-tokoh terapis seperti, Viriginia Satir, Milton H Erickson dan Fritz Perls sehgingga lahirlah NLP yang sangat berpengaruh besar bagi para psikoterapis dan pencinta hipnosis yang disebut juga Psikologi Praktis.

Dalam konteks persuasi kita bisa bertanya kepada kawan bicara siapa tokoh idolanya, buku yang dibacanya, lagu yang disukainya…..biarkan dia bercerita tentang apa yang disukai dari idolanya….dari cerita kawan bicara, kita dapat mengetahui nilai dan keyakinan yang dikuti dan kita bisa menggunakannya untuk membangun keakraban bahkan tujuan tertentu…..buatlah seolah-olah kita menyukai modelnya atau suka buku yang dia baca sehingga kawan bicara merasa memiliki kesamaan, karena saat seseorang merasa sama dengan dirinya disitulah proses hipnosis terjadi.

Salah satu cara menembus area kritis seseorang dalam dunia hipnosis adalah “FIGUR OTORITAS”, seseorang yang mempunyai otoritas atau pengaruh akan dapat dengan cepat memasukan nilai pada orang yang dipimpinnya……ketika seseorang menyukai dengan Rhoma Irama, maka hampir dipastikan pola-pola yang ada di sang tokoh mempengaruhi hidupnya.

Sama halnya orang tua dan guru sebagai Figur Otoritas disekolah dan dirumah sudah tentu akan dikuti polanya oleh anakmya dan muridnya.

Kembali ke NLP, yang mempelajari bagaimana melakukan proses percepatan dalam meraih kebahagiaan dan sukses adalah dengan memodel orang-orang yang bahagia dan sukses….pelajari bagaimana mereka memandang dunianya, memahami dunianya dan menjalani dunianya….lalu aplikasikan kedalah kehidupan kita sehari-hari……….bagaimana seorang salesman bisa melakukan closing setiap bulan sebanyak 80% tentu kita harus mengikuti kebiasannya dan kegilaannya dalam menjual.

Proses modelling bisa terjadi secara sengaja atau tidak sengaja…..secara sengaja jelas kita menyadari dan kita mengizinkan diri kita untuk memodel seseorang……tetapi ada proses modelling yg terjadi tanpa sengaja…salah satunya adalah ketika kita tidak menyukai pola-pola seseorang maka apabila pola itu tersimpan di benak kita….dengan sendirinya pola tersebut akan melekat pada kita…jadilah kita peniru yg tidak kita sadari…dan dapat juga disimpulkan bahwa perilaku anak adalah model dari orang tuanya.

So, pilhlah model yang bisa memberdayakan kita, dalam NLP ada teknik yang bisa digunakan untuk bisa memodel dengan cepat model yang ingin kita ikuti, yaitu New Behavior Generator dan Deep Trance Identification, metode klasik yang masih cukup efektif dalam proses modelling.

Pastinya kemampuan manusia dalam memodel atau merekam informasi sangat kuat jika tau caranya.

Mau tau……..? Private NeuroHypnosis 0858 1771 8959

#ModelTheModellers #TentangMemodel
#TerlaluMemodelBisaBerbahaya
#ModellingIsAlamiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *