KATA-KATA ADALAH SIMBOL SUASANA HATI DAN PIKIRAN

Di sebuah seminar NLP yg saya ikuti, coach Teddy memperdengarkan kepada kami suatu lagu dari Gita Gutawa yg berjudul sempurna..lalu beliau bertanya apa respon kalian…..kami pun menjawab..’merdu, asik’, bahkan ada yg menjawab “menghipnosis’.

Lalu beliau kembali memperdengarkan lagu berjudul sempurna yg dinyayikan oleh suara yg ‘cempreng, fals, mirip suara Doraemon…dan kami ditanya lagi, bagaimana respon kalian…’lucu, aneh, ga jelas”, sahut peserta….hal ini karena adanya perubahan struktur suara.

Tapi ada jawaban yg mengejutkan saya dari seorang peserta yg duduk sebelah coach Teddy yaitu “konyol”…peserta ini sempat menarik perhatian saya, karena semenjak awal masuk wajahnya selalu menunduk tidak mau melihat peserta lain atau bertatapan, tangannya dilipat, badannya membungkuk dan energi diwajahnya pun terlihat redup, seperti dalam suasana kesedihan mendalam.

Ingin rasanya berdiskusi dengan beliau….tetapi saat kami diberi tugas berkelompok dan beliau ada di kelompok kami kebetulan, beliau tidak mau ikut…responnya seperti khawatir dan takut bertemu orang, sampai akhirnya beliau pergi dan tidak mengikuti sesi selanjutnya.

Dari cerita ini saya menyimpulkan bahwa kata-kata adalah simbol dari perasaan seseorang. Kita bisa mempelajari suasana hati orang lain dari pola atau predikat bahasanya saja.

Luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *