KECERDASAN MERUBAH MAKNA

Dalam kajian ilmu NLP ada yang di sebut Respond Ability = kemampuan membuat makna dari kejadian external terhadap diri kita….yang rupanya merupakan modifikasi dari kata Responsibility = Tanggung Jawab…artinya kita bertanggung jawab terhadap setiap makna yang kita buat

Manusia adalah Meaning Maker, mereka bisa membuat makna dan merubah makna…setiap makna yang dibuat biasanya membuat nyaman untuk diri sendiri atau memberdayakan diri bergantung konteks.

Victor Frank pencetus Logoterapi adalah seorang tawanan kamp konsentrasi nazi yang merubah makna tentang keberadaanya di kamp tersebut…..konon dalam sebuah seminar Psikoterapis terbesar di Amerika…..saat Victor memasuki forum diskusi, semua peserta memberikan standing aplause karena berhasil merubah makna disaat hidupnya penuh penderitaan.

Nah, terkadang kita manusia kesulitan merubah makna saat kita me-Rasa-kan perasaan emosi yang membalut permasalahan kita.

Contoh : saat seseorang menangis tentu akan kesulitan merubah makna, karena me-Rasa-kan emosi sedih tersebut…dan biasanya akan merubah makna ketika sudah terjadi Jeda.

Sama halnya ketika kita kesal terhadap seseorang…bila kita mengikuti perasaan marah tentu akan kesulitan merubah makna….padahal biasanya ada makna tersembunyi dari Tuhan dari setiap kejadian.

Jadi, bila anda sedang marah atau sedih lakukan Jeda sejenak untuk memikirkan masalah bukan merasakan masalah…..karena dengan jeda kita bisa membuat makna baru.

Oleh karena itu judulnya kemampuan merespon = Respond Ability yang sama dengan Responsibility = Tanggung Jawab…..artinya bertanggung jawab terhadap setiap makna yang kita buat dan ini adalah keterampilan dan kecerdasan hidup. (sengaja diulang biar meresap).

Salam Makna,

#MeaningMaker #Responsibility #RespondAbility #KalauPusingBacanyaInbox
#SabotaseDiri #CerdasMemilihMakna
#BuatlahMaknaYangBerarti

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *